Senin, 13 Juli 2020

MATERI AQIDAH AHLAK BAB KALIMAT TAYYIBAH HAMDALAH DAN TAKBIR

KALIMAT TAYYIBAH 
Alhamdulillah dan Allahu Akbar
 Kalimat tayyibah adalah kalimat atau ucapan yang baik. Ada banyak sekali kalimat tayyibah, mulai dari basmalah, hamdalah, tahlil, takbir dan masih banyak lagi. Nah disini kita akan membahas tentang kalimat tayyibah hamdalah ( alhamdullilah) dan takbir ( allahu akbar). Dengan mengucapkan kalimat tayyibah tersebut, kita diharapkan segera ingat bahwa segala sesuatu yang kita terima adalah dari Allah.
Kita mulai dari kalimat tayyibah Hamdalah Ketika suara azan berkumandang,

Angkasa segera bangun dari tidurnya, ipun segera membaca doa bangun tidur. Setelah bangun tidur, Angkasa segera mandi dan melaksanakan sholat subuh berjama’ah di masjid dekat rumahnya. Sebelum mengikuti pembelajaran daring, Angkasa tidak lupa sarapan dulu. Setelah selesai sarapan tidak lupa ia membaca doa sesudah makan. Kebetulan hari ini ibu pergi kepasar untuk belanja bulanan, sepulang dari pasar Angkasa mendapatkan oleh – oleh kue kesukaanya. Setelah menerima kue tersebut tidak lupa Angkasa mengucapkan “ alhamdulillah”. Dari cerita singkat diatas Angkasa beberapa kali mengucapkan kalimat “alhamdulillah”. Kalimat “alhamdulillah” diucapkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rizki yang diberikan pada umatnya.
Baik berupa rezki kehidupan, keselamatan, kesehatan, kecerdasan, uang, makanan/ munuman dll. Arti dari kalimat “alhamdulillah” adalah segala puji bagi Allah. Selain dari keadaan seperti yang dialami Angkasa dalam cerita tersebut, kalimat “alhamdulillah” baik pula diucapkan pada saat:
1. Mendapatkan hadiah dari seseorang, memiliki badan yang sehat, menjadi anak yang pandai dsb.
2. Ketika terhindar dari bahaya, ketika selamat dari kecelakaan atau musibah, dsb
3. Ketika mendengar kabar gembira baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain
4. Ketika berdoa
5. Ketika selesai sholat fardhu

Makna kalimat Allahu Akbar Kalimat allahu akbar dalam lafadz azan artinya adalah Allah Maha Besar. Kalimat allahu akbar dalam azan diucapkan agar umat muslim kembali mengingat Allah. Azan adalah panggilan yang ditujukan pada kaum muslimin untuk menunaikan ibadah sholat. Tidak ada yang patut disembah selain Allah SWT. Kebesaran Allah tidak mungkin dapat dibandingkan dengan kebesaran makhluk-Nya.

Allahu akbar baik diucapkan dalam berbagai keadaan, terutama pada saat :

1. Melihat, mendengar, dan merasakan kemahakuasaan Allah, seperti ketika terjadi gempa, badai tsunami, banjir, petir dll

2. Ketika menghadapi bahaya atau masalah seperti yang dialami Nabi Muhammad dalam perang badar. Mendengar gemuruh suara takbir “allahu akbar” pasukan kafir Quraisy panik dan ketakutan. Dan akhirya perang badar dapat dimenangkan oleh kaum muslimin yang jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pasukan kaum kafir Quraisy. Begitu pula ketika terjadi pertempuran di Surabaya. Antara arek – arek Surabaya melawan pasukan sekutu. Bung Tomo membangkitkan semangat para pejuang dengan mengumandangkan takbir allahu akbar.

3. Kaum muslimin dipelosok dunia mengumandangkan takbir pada malam takbitan. Setelah satu bulan lamanya melaksanakan ibadah puasa kaum muslimin merayakan kemenangan dengan mengumandangkan takbir.

4. Dibaca pada saat wirid ketika selesai sholat fardhu. 

 Setelah kalian memahami tentang bacaan tahmid dan takbir serta waktu yang tepat untuk membacanya, hendaknya kalian ikuti dengan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari hari .

Perbanyaklah berzikir dengan mengucapkan kalimat tersebut.

"Selamat Membaca"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar