Sabtu, 25 Juli 2020

TEMATIK kls 5 TEMA 1.1.3


SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN
PEMBELAJARAN 3
Muatan PKn
            Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan suatu hal yang baru bagi warga masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu nilai- niai Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai – nilai pancasila harus tetap dipertahankan agar suasana menjadi tenang, sejahtera, damai dan aman.
  • Nilai Ketuhanan Yang  Maha Esa

            Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya setiap masyarakat Indonesia. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan untuk saling menghormati dan bekerjasama antar pemuluk agama yang berbeda – beda. Kita pun harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.

  • Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradap

            Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak dan kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersama – sama akan mampu menegakkan dan juga memelihara kebersamaan.
Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari –hari dalah dengan mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjug tinggi nilai – nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.

  • Persatuan Indonesia

Dengan menerapkan cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bngsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

  • Permusyawaratan/ Perwakilan

            Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut hendaknya digunakan secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.  Setiap warga negara harus mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau golongan. Budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah harus dengan semangat kekeluargaan.

  • Nilai – nilai keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

            Sebagai warga yang baik hendaknya harus menghindari diri dari sifat pemborosan, selallu bergaya hidup mewah, dan perbuatan – perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan menghargai kerja keras orang lain sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sikap kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat. Disamping itu sikap adil tehadap sesama, menghormati, hak orang lain, serta menolong dan menghargai orang lain sangat perlu dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat.


Muatan IPS
            Keadaan Indonesia dipengaruhi oleh letak geografis dan astronomi. Letak geografis adalah letak suatu wilayah yang dilihat dari kenyataanya di permukaan bumi. Secara geogragis Indonesia terletak diantara Benua Australia da Benua Asia serta dua Samudra, yaitu samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Batas wilayah Indonesia bersasarkan letak gegrafisnya adalah sebagai berikut:
Sebelah Timur                :  Samudra Pasifik dan Papua Nugini
Sebelah Utara                 : Selat Malaka, Laut Andaman, Laut Tiongkok Selatan, Laut Sulawesi, Samudra Pasifik, dan Malaysia Timur
Sebelah Barat                  : Samudra Hindia
Sebelah Selatan               : Australia, Samudra Hindia, Laut Timur, dan Laut Arafuru
            Letak astronomi adalalah letak suatu wilayah yang dilihat dari posisinya di garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal yang melingkar secara mendatar dipermukaan bumi. Garis lintang membagi bumi menjadi dua belahan, yaitu belahan utara dan selatan. Garis bujur adalah garis yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Garis bujur membentang dipermukaan bumi dari atas kebawah. Garis bujur membelah bumi menjadi bagian Barat dan Timur. Letak astronomi Indonesia adalah di antara 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT.

Muatan Bahasa Indonesia

Ide pokok paragraf adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. 
Ide pokok disajikan dalam bentuk kalimat utama.

  1. Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf dibedakan menjadi tiga,yaitu :Paragraf Deduktif adalah paragraf yang posisi gagasan pokok atau kalimat utamanya berada diawal paragraf 
  2. Paragraf Induktif adalah paragraf yang posisi gagasan pokok atau kalimat utamanya berada diakhir paragraf
  3. Paragraf Campuran adalah gabungan antara paragraf deduktif dan induktif. Paragraf ini diawali oleh kalimat utama, diikuti kalimat penjelasanya dan terakhir diakhiri oleh kalimat utama lagi.
Dari yang sudah kita pelajari diatas tugas kalian adalah: 

  1. Menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari !
  2. Mengetahu, memahami, dan mengenal letak geografis dan astronimi Indonesia !
  3. Rajin membaca cerita agar dapat memahami tentang ide pokok, kalimat utama, dan kalimat penjelas !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar