Minggu, 19 Juli 2020

SKI kelas 4 semester I DAKWAH NABI MUHAMMAD PADA AWAL KENABIA




DAKWAH SECARA SEMBUNYI SEMBUNYI

Setelah turun surat Al Muddassir 1 – 7 Nabi Muhammad mulai berdakwah. Saat itu kakbah di Mekah adalah pusat peribadatan orang orang Arab. Mereka menyembah berhala berupa patung patung yang ada di Kakbah. Nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi sembunyi karena jikalau berdakwah secara terang terangan, masyarakat Mekah akan gempar dan memusuhi Nabi Muhammad yang saat itu belum mempunyai pengikut.
            Nabi Muhammad mulai berdakwah kepda kelurga dan teman dekat beliau. Mereka adalah istrinya ( Khadijah), pembantunya ( Zaid bin Haritsah), saudara sepupunya yang masih kecil ( Ali bin Abi Thalib), dan sahabat dekat beliau ( Abu Bakar). Mereka semula langsung masuk Islam.
            Abu Bakar segera menyampaikan ajaran Nabi Muhammad kepada orang lain, seperti Utsman bin Affan, Zubair bin Awwan, ‘Abdurrahman bin “Auf, Sa’ad bin Abu Waqash, dan Thalhah bin Ubaidillah. Selain itu ada juga sahabat – sahabat lain, seperti Bilal bin Rabbah, Abu Ubaidah, Abu Salamah, Al Arqam bin Abi; Arqam, dan masih banyak lagi. Mereka ini disebut  As – Sabiqunal awwalun, artinya orang orang yang pertama tama masuk Islam.
            Nabi Muhammadberdakwah secara sembunyi sembunyi selama tiga tahun. Pengikut beliau sekitar 40 orang.
             Dalam melakukan dakwah secara sembunyi sembunyi ini, Nabi Muhammad menggunakan rumah sahabat Al – arqam bin Abil arqam. Rumah Al – Arqam berada di balik bukit sina.

  •      Masih ingatkah kalian dengan Surat al Al Muddassir 1 – 7 ?
  •      Nah sekarang coba tuliskan surat Al Muddassir 1 – 7  dalam tulisan Arab beserta artinya !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar