Selasa, 28 Juli 2020

TEMATIK kls 5 Tema 1.1.4

RINGKASAN MATERI TEMA I
(ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA)

SUBTEMA I (Organ Gerak Hewan)

PEMBELAJARAN 4
Muatan IPS

    Pada pembelajaran sebelumnya, kalian sudah mempelajari tentang keadaan geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta. Peta merupakan gambaran suatu daerah dengan menggunakan skala tertentu. Sedangkan denah merupakan gambaran tentang tata letak dalam suatu ruangan atau tempat.

Berikut kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya pulau - pulau besar di Indonesia.

Pulau Sumatra
            Pulau Sumatra merupakan pulau terluas ke lima di dunia. Merupakan wlayah perairan, sehingga banyak terdapat daerah rawa. Di wilayah terdapat sungai besar seperti sungai Musi, Batanghari, Asahan, Inderagiri, dll. Di wilayah barat sampai selatan membentang bukit barisan. Di Sumatra banyak gunung berapi aktif seperti Merapu, Talang, Sinabung, dll.
Pulau Jawa
          Pulau Jawa merupakan wilayah terluas ke lima di Indonesia dan pulau terbesar ke 13 di dunia. Sebagian besar tanah di pulau Jawa adalah tanah yang subur karena terdapat deretan gunung  - gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat dengan endapan alluvia sungai.
Pulau Kalimantan
           Wilayah Kalimantan didominasi oleh huan tropis yang kaya akan pohon berkayu besar. Bagian selatan terdiri atas dataran rendah, pantai, rawa, perbukitan, dan pegunungan. Bagian tengah terdapat pegunungan Maratus yang membujur dari utara hingga selatan. Bagian timur terdapat daerah perbukitan berupa hutan primer, hutan sekunder,, semak belukar, dan padang ilalang. Bagian barat tedapat dataran rendah berupa rawa monoton, rawa banjir, rawa pasang surut dan daerah alluvial
.
Pulau Sulawesi
       
          Wilayah  Sulawesi merupakan daerah yang terjal dan berbukit - bukit. Di Sulawesi banyak terdapat palung laut dan basin sehingga membentuk sperti Selat Makasar, laut Flores, dan Laut Banda. Di Sulawesi tedapat  41 gunung. Dan sebagian besar wilayah merupakan daerah vulkanik.

Pulau Papua
          Pulau Papua merupakan pulau terbesar di Indonesia dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia setelah pulau Greenland. Sebagian besar daratan Papua merupakan hamparan hutan belantara. Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus. Puncak tertinggi di Indonesia berada di Papua, yakni puncak Jayawijaya yang sebagian puncaknya ditutupi salju.

Pulau Nusa Tenggara
          Keadaan geografis Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur berbukit - bukit dengan daratan  tersebar secara sporadik / tidak merata pada gugusan yang sempit. Pada pulau yan dominan, permukaanya berbukit dan bergunung - gunung, diapit daratan tinggi atau perbukitan dengan kondisi kemiringan tanah yang curam. Sehingga lahan pertanian sangat terbatas.

Muatan PKn
Gotong Royong Modal dasar Pembangunan

        Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Karena masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerjasama. Sehingga terjalin solidaritas yang akan memunculkan rasa empati dan simpati, serta mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.
          Tidak ada perbedaan prinsip dalam gotong royong. Gotong royong adalah kerja besama dan perjuangan saling membantu. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama, tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.
         Prinsip - prinsip gotong royong sangant bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. Dengan gotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa ada gangguan.

Muatan Bahasa Indnesia
           Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan dalam bentuk kalimat utama. Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf dibedakan menjadi tiga, yaitu :
  1. Paragraf Deduktif, adalah paragraf yang posisi gagasan pokok atau kalimat utamanya berada diawal paragraf.
  2. paragraf Induktif adalah paragraf yang posisi gagasan pokok atau kalimat utamanya berada diakhir paragraf.
  3. paragraf Camuran, adalah gabungan antara  paraggraf  deduktif dan induktif. paragraf ini dawali oleh kalimat utama, diikuti kalimat penjelasnya dan terakhir diakhri oleh kalimat utama lagi.
Dari materi yang sudah kita bahas di atas, tugas kalian adalah :

  • Mengetahui dan memahami tentang kondisi geografis pulau - pulau besar di Indonesia.
  • Mengetahui dan memahami bahwa gotong royong merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai - nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari - hari.
  • Rajin membaca cerita atau teks bacaan agar dapat memahami tentang ide pokok, kalimat utama, dan kalimat penjelas 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar