Sabtu, 25 Juli 2020

SKI Kelas IV Semester I DAKWAH NABI MUHAMMAD SECARA TERANG – TERANGAN



            Tiga tahun sudah Nabi Muhammad berdakwah secra sembunyi – sembunyi. Nah setelah itu turun lah wahyu yang menganjurkan Nabi Muhammad untuk berdakwah secara terang terangan. Wahyu tersebut terdapat dalam Al Quran surat Al Hijr ayat 94.
            Berdasarkan wahyu tersebut akhirnya Nabi Muhammad mulai berdakwah secara terang terangan didepan orang orang Quraisy. Dakwah tidak hanya pada keluarga, kerabat, tetapi juga masyarakat umum, erutama para penduduk Makkah. Nabi Muhammad yakin terhadap janji Abu Tholib bahwa beliau akan selalu membela Rasulullah dalam menyampaikan dakwah. Pada suatu ketika Nabi Muhammad bergi pergi ke bukit Safa didekat Ka’bah . Dari atas bukit tersebut beliau memanggil banyak orang. Dikarenakan Nabi Muhammad adalah orang yang terkenal dengan budi pekerti dan kujujuranya, kaum Quraisy segera berdatangan. Nah, kesempatan itulah yang digunakan Rasulullah untuk menyerukan agar beriman kepada Allah dan beriman kepada hari kiamat.
            Ajakan Nabi Muhammad mendapat tantangan keras dari kebanyakan kaum Quraisy. Mereka menyumpahi Nabi Muhammad. Salah satu orang yang menyumpahi Nabi Muhammad adalah Abu Lahab paman beliau. Abu Lahab marah marah dan memaki – maki “ celakalah engkau Muhammad. Untuk inikah kamu mengumpulkan kami.” Mendenga ucapan Abu Lahab, Nabi Muhammad terdiam. Lalu turunlah surat Al Lahab ayat 1 – 5.
            Pada awal dakwa secara terang terangan Nabi Muhammad kurang mendapatkan tanggapan yang baik dari kaum Quraisy. Namun beliau tidak mudah putus asa.  Nabi Muhammad dalam berdakwah kepada kaum Quraisy dan penduduk Makkah selama kurang lebih tig belas tahun.
Kadang kadang Nabi Muhammad berdakwah didepan banyak orang, kadang kala berdakwah juga dihadapan semua orang yang Nabi Muhammad jumapi. Dan akhirnya tanpa putus asa Nabi Muhammad mendapatkan pengikut. Kebanyakan pengikut beliau kaum wanita, para budak dan orang – orang miskin. Mereka adalah kaum yang sungguh – sungguh menyakini ajaran Islam.
Pahamilah cerita datas dengan seksama, kemudian keteladanan apa yang dapat kamu ambil dari cerita tersebut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar