Kamis, 16 Juli 2020

Kemuhammadiyahan " Organisasi Muhammadiyah" Part I


Hayo belajar, belajar tidak mengenal waktu dan usia. Belajar tidak mengenal dimanapun dan kapanpun.
  • Secara  bahasa kata organisasi berasal dari bahasa Inggis "organ" yang berarti bagian badan atau tubuh. 
  • Ogansasi dapat diartikan sebagai sebuah perkumpulan yang terdiri dari beberapa orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama.
  • Bukan hanya manusia yang bergorganisasi, hewanpun juga demikian. bayangkan dalam sebuah hutan ada sekelompok gajah, maka dari kelompok gajah tersebut biasanya ada gajah paling hebat yang menjadi pemimpin . Gajah hebat itulah yang selalu mengatur gajah - gajah yang lain. 
         Begitu juga hewan kecil seperti semut, semut kecil juga mempunyai pemimpin. Berjalan berbaris yang dilakukan oleh semut - semut kecil tentusaja karena karena ada pemimpinya.
Gajah dan semut hanyalah beberapa contoh praktik organisasi pada binatang. 
  • Contoh organsasi yang diterapkan diadalam rumah oleh manusia, yaitu kehidupan rumah tangga. dalam rumah tangga ada pembagian tugas antara masing - masing anggota keluarga. Misalnya ayah bertugas mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Ibu mengurus rumah tangga dalam kehidupan sehari - hari. anak pun juga demikian punya tugas sehari hari, yaitu belajar. 
  1. Ciri - ciri organisasi
  • Terdiri dari beberapa orang :  tujuan terdiri dari benerapa orang adalah agar mereka dapat bekerjasama dalam tercapainya tujuan organisasi.
  • Memiliki tujuan dan cita - cita yang sama :  tujuan dan cita cita dalam organisasi  biasanya dibuat bersama, sehingga menjadi tujuan dan cita cita bersama.
  • Mempunyai program kerja, setiap organisasi harus mempunya program kerja yang sesuai dengan tujuan dan cita - cita organisasi. Program kerja organisasi merupakan sebuah target target.
  • Ada pembagian tugas: agar kegiatan yang direncanakan  dalam program kerja organisasi berjalan lancar dan sukses, maka organisasi harus memiliki jadwal dan pembagian tugas yang disebut job description. Manfaat pembagian tugas ini sangat banyak, salah satunya pekerjaan mejadi terjadwal secara sistematis dan terencana dengan baik sehingga tidak terjadi tumpang tindih.
  • Ada kerjasama: kerjasama sangat banyak manfaatnya, antara lain pekerjaan menjadi  lebih ringan, mudah, dan cepat selesai.
  • ada komunikasi dan musyawarah: salah satu hal yang terpenting agar tidak terjadi  salah paham atau pengertian adalah adanya komunikasi atau musyawarah. Komunikasi dan musyawarah ini sangat penting untuk menjaga dan memelihara kebersamaan dan keutuhan sebagai kunci keberhasilan organisasi. 
2. Tujuan Organisasi
    Semua organisasi memilik maksud dan tujuan yang jelas. tujuan ini biasanya disesuaikan dengan latar belakang didirikanya organisasi tersebut.
Tujuan organisasi secara umum adalah sebagai berikut :
  1. untuk mencapai cita cita dan tujuan yang sama
  2. untuk memecahkan masaah dan mencari solusi 
  3. untuk melatih kedewasaan 
  4. untuk berbagi pengalaman
  5. untuk menjaga persatuan dan kesatuan
  6. untuk wahana silaturahmi
3. Manfaat organisasi
    Banyak manfaat yang dapat diperoleh dar berorganisasi. Semakin aktif  berorgansasi semakin banyak manfaat yang diperoleh.
manfaat berorgansasi antara lain:
  1. Menambah teman
  2. Menambah wawasan
  3. Melatih kerjasama
  4. Menumbuhkan sikap mandiri dan dewasa dalam menghadapi masalah
  5. Pekerjaan menjadi lebih mudah, ringan, dan hasilnya akan lebih baik.
  6. Bisa menjadi sarana untuk mencapai kesuksesan
  7. Bisa menjadi media untuk menyelesaikan masalah sosial kemasyarakatan 
  8. Bisa menghemat dana, daya, dan waktu
  9. Organisasi bisa menjadi jagar ilmu pengetahuan dan teknologi 
Dengan terbiasa ikut aktif dalam organisasi, maka segala pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah .
Sebagai umat islam tentu saja organisasi yang dimaksud adalah organisasi yang sesuai dengan ajaran islam, yaitu bertujuan untuk berdakwah, menyerukan kepada yang baik dan mencegah dari yang buruk. ( amar ma'ruf nahi munkar)


Dari penjelasan diatas: 
harapan apa yang akan kalian kalukan jika kelak sudah mampu berorganisasi ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar