Selasa, 28 Juli 2020

MATERI FIKIH KELAS 5 SEMESTER I " KHITAN"


PELAJARAN 2

KHITAN

            Nah, dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang khitan. Sebagian orang mukmin sudah tidak pernah asing lagi dengan istilah khitan.

Pengertian Khitan

            Secara bahasa, khitan berarti memotong atau membuang. Sementara menurut istilah syara’ (hukum Islam), khitan adalah membuang atau memotong kuluf ( kulit) bagian ujung yang menutupi hasyafah (kepala kemaluan) anak laki – laki.
            Berkhitan termasuk mensucikan diri dari kotoran. Dengan memotong kulit yang menutupi kepala kemaluan berarti menghilangkan tempat tertinggalnya sisa air kencing (kotoran). Jika kulit tidak dipotong atau dibuang, akan menjadi tempat kotoran yang mengakibatkannya tidak suci dan dapat menimbulkan penyakit. Bila tidak suci, sholatnya (ibadahnya) tidak sah.
Sejarah Khitan
            Secara syariah khitan bermula pada zaman Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail. Allah memerintahkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk melakukan khitan. Nabi ibrahim berkhitan ketika usia 80 tahunm dan putranya Nabi Ismail berusia 13 tahun. Sementera putra Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq dikhitan pada usia 7 tahun.

Hukum Khitan

              Berkhitan merupakan sunah (syariah) Rasullulah. Khitan harus dilaksanakan oleh setiap orang islam. Orang yang tidak melaksanakan khtan berarti orang tersebut membeenci sunah Rasul,

        Khitan untuk anak laki laki hukumnya wajib. Rasulullah bersabda sebagai berikut.

        Khitan untuk perempuan hukumnya tidak wajib. Rasullulah besabda sebagai berikut.


Pelaksanaan Khitan
         Berkhitan wajib dilaksanakan ketika anak mendekati masa akil balig usia antara 7 - 10 tahun.  Pada usia tersebut diharapkan mereka akan siap menjadi seorang mukalaf yang akan memikul tanggung jawab dalam melaksanakan hukum syariah dan perintah - perintah Allah SWT.
           Ada persesi lain berkhitan dilaksankan pada hari - hari pertama setelah kelahiran. Dengan demikian ketika anak sudah masuk akil baliq dan mengerti hukum agama ia telah mendapatkan dirinya telah dikhitan dan akan merasa tenang. yaitu sesuai dengan sabda Rasulullah.


Hikmah Khitan
Manfaat khitn dapat kita ketahui dari segi agama, kebersihan, dan kesehatan

Manfaat khitan dari segi agama yaitu:
  1. Khitan merupakan bentuk penyucian seorang muslim dari najis
  2. Khitan merupakan salah satu sarana bagi kesempurnaan agama
  3. Khitan memenuhi persyaratan kesucian dalam hal beribadah kepada Allah SWT
Manfaat Khitan dari segi kebersihan dan kesehatan :
  1. Khitan merupakan cara sehat untuk mencegah berbagai penyakit
  2. Khitan merupakan salah satu cara menjaga kebersihan
Baca dan pahamilah bacaan diatas, serta ambilah hikmahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar