Jumat, 24 Juli 2020

AQIDAH AKHLAK KELAS V PELAJARAN 2” ASMA’UL HUSNA”


” ASMA’UL HUSNA”
Al Wahhab dan Ar Razzaq.

Kita sebagi umat muslim wajib tahu dan memahami tentang Asma’ul Husna. Apa itu Asma’ul Husna? Ada bera jumlah Asma’ul Husna?
            Asma’ul Husna adalah nama – nama Allah SWT. Nah, nama – nama Allah tentunya yang baik atau terbaik dan indah. Orang yang menghafalkan dan mengamalkan Asma’ul Husna dengan baik dan benar akan dimasukkan kedalam surga serta diberikan limpahan keagungan dan kemuliaan dari Allah SWT. 
            Asma’ul Husna berjumlah 99. Semua nama – nama Allah itu mencerminkan sifat – sifat keagungan dan kemuliaan Allah. 
Nah, dikesempatan hari ini kita akan membahas tentang Asma’ul Husna : Al Wahhab dan Ar Razzaq.
  • AL WAHHAB 

Al Wahhab artinya adalah Yang Maha Pemberi. Hanya Allah lah pemberi setiap yang dminta oleh makhluk-Nya.
            Allah senantiasa mengajarkan pada manusia untuk senantiasa berdoa dan hanya meminta kepada Allah karena hanya Allah lah maha pemberi, yaitu memberi kebutuhan makhluk-Nya tanpa diminta sebelumnya.
            Jika kalian ingin menjadi anak yang pndai maka kalian harus rajin belajar yang sungguh – sungguh, serta tidak lupa selalu rajin berdoa. Apa bila kita menghadapi sebuah masalah atau kesulitan, baik itu masalah pergaulan atau masalah pelajaran hendaklah kita menhadapinya dengan tenang dan sabar.  Dan tidak lupa kita harus memperbanyak berdoa serta memperbanyak zikir, insyaAllah kita akan diberi kemudahan dalam menhadapi berbagai kesulitan
            Ketika kita memohon kepada Allah, sucikanlah bathin kita insyaAllah Allah akan menabulkan doa kita. Selain itu kita juga harus selalu bersabar dan yakin.

  • AR RAZZAQ 

Ar Razzaq artinya adalah Maha Memberi Rezeki. Allah adalah Tuhan Pemberi Rezek kepada setiap umat-Nya demi keperluan hidup makhluknya. Allah juga lak yang telah menentukan banyak atau sedikitnya rezeki bagi setiap makhluk-Nya.
Dengan kita mempercayai sifat Ar Razzaq maka sudah seharusnya kita mengantungkan harapan kita kepada Allah. Allah menyuruh kita agar memohon atau berdoa kepada-Nya, niscaya Allah akan mengabulkan permohonan kita. Setiap orang sudah ditentukan rezekinya masing – masing oleh Allah, seberapa banyak atau sedikit rezeki tersebut manusia tidak akan pernah tahu. Nah, ki sebagai umat manusia harus berusa mencari rezeki tersebut dengan cara yang halah dan di ridhoi oleh Allah.
            Coba perhatikan lingkungan sekitar kalian, semua makhluk hidup bisa mempertahankan kehidupannya dengan cara makan dan minum. Makanan dan minuman yang dimanfaatkan oleh makhluk hidup semua sudah disediakan oleh Allah.  Namun makhluk hidup tetap harus merusaha untuk mendapatkannya. Kita sebagai seorang muslim hendaklah mencari rezeki dengan cara yang halal dan berkah, jika rezeki yang kita peroleh halal maka akan membawa keberkahan untuk kita.
            Ada satu contoh, misalnya ada orang kaya tetapi kekayaan tesebut diperoleh dengan cara korupsi . orang itu kehidupannya tidak akan tenang.  Harta yang dimiliki tidak akan membuat bahagia, tetapia akan membawa kesengsaraan  hidup dan sekaligus menyeret mereka ke neraka.
            Ketika kita memperoleh rezeki yang lebih jangan lupa ada hak untuk orang lain dalam harta itu.  Oleh karena itu jangan lupa untuk membayar zakat dan banyaklah bershodaqah.



Nah….. kalian pahami dan cermati bacaan diatas !

Tugas kalian teladanilah Asma’ul Husnah yang kita bahas kali ini, dalam kehidupan sehari – hari kalian !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar