Minggu, 27 September 2020

Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan kelas 5 2.3.3


 SUBTEMA 3 

MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA

PEMBELAJARAN 3

Muatan Bahasa Indonesia 

Menandai Informasi pada teks yang dibaca

    Kita dapat menguji pemahaman terhadap sebuah teks dengan cara menjawab pertanyaan pertanyaan. Agar dapat menjawab pertanyaan  pertanyaan yang diberikan kita dapat menandai kata kunci yang kita temukan di dalam setiap paragraf. Kata kunci tersebut dapat berupa ide pokok dan akan menjadi pengingat saat kita mengerjakan soal soal yang diberikan. 

Muatan PPKn

Tanggung jawab terhadap masalah sampah

        Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Setiap manusia memiliki tanggung jawab  terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Salah satu tanggung jawab yang harus diterapkan di lingkungan sekitar adalah upaya penanggulangan masalah sampah.

     Kurangnya tanggung jawab terhadp sampah dapat mengakibatkan kerugian. Membuang sampah sembarangan di jalan, sungai atau selokan dapat membuat aliran sungai atau selokan dapat membuat aliran sungai atau selokan tersebut menjadi tersumbant. Tumpukan sampah yang dibiarkan di pinggir jalan juga ddapat menimbulkan bau tidak sedap dan mencemari lingkungan. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk memiliki rasa tanggung jawab dalam masalah sampah. Dengan sikap bertanggung jawab terhadap masalah sampah, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. 

Muatan IPS

Menghargai kegiatan ekonomi orang lain

       Sebagai makluk sosial, kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa kita hasilkan. Kebutuhan kebutuhan tersebut biasanya dapat kita peroleh dari kegiatan ekonomi. Keterlibatan orang lain dalam kegiatan ekonomi daapt kita temukan pada tahap produksi, distribusi, dan konsumsi. ada orang yang berperan dalam proses produksi atau distribusi, ada pula yang berperan dalam proses konsumsi. Menghargai peranan setiap individu penting dilakukan oleh setiap anggota masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar