Minggu, 20 September 2020

Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan semester1 kelas 5 2.1.5

 SUBTEMA 1

Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Pembelajaran 5


IPA

     Pada pembelajaran sebelumnya, kalian telah mengetahui organ - organ pernapasan dan cara kerja sistem pernapasan yang dimiliki tubuh kita. Proses pernapasan pada manusia dibedakan menjadi dua yaitu proses menghirup udara dan proses menghembuskan udara. 

     Ada dua jenis pernapasan, yaitu pernapasan perut dan pernapasan dada. Pernapasan dada adalah pernapasan yang menggunakan otot antar tulang rusuk. Pernapasan perut adalah pernapasan yang menggunakan diafragma. Pernapasan dada dan pernapasan perut terjadi secara bersamaan.


Muatan Bahasa Indonesia

     Jika informasi dari teks dapat dipahami dengan baik, maka pembaca dapat menjelaskan informasi tersebut kepada orang lain. Informasi - informasi penting dari teks dapat ditemukan dengan membaca cermat atau mengerjakan pertanyaan - pertanyaan yang diberikan. 

Muatan SBdP

     Sebelumnya, kita telah mempelajari tentang tangga nada diatonis mayor. Kali ini, kita akan mempelajari tangga nada diatonis minor. Tangga nada diatonis minor merupakan tangga nada yang susunan nada nadanya berjarak 1 - ½ - 1 - 1 - ½ - 1 - 1. Tangga nada diatonis minor kita temukan dalam lagu - lagu yang bersifat sedih. Tangga nada diatonis minor dapat dibedakan menjadi tiga bagian.

  1. Tangga nada minor asli, nada nada pokok pada tangga nada diatonis minor masih asli, belum mendapat nada sisipan. Tangga nada minor asli diperoleh dari nada la (6) atau nada ke enam dari tangga nada mayor (C - D - E - F - G - A - B - C ). Contoh: 6 -7 - 1 - 2 - 3 - 5 - 6 atau A - B - C - D - E - F - G - A
  2. Tangga nada minor melodis, nada ke 7 dari tangga nada minor harmonis dinaikkan setengah dengan memberi tan # (kres). Contoh: A - B - C- D - E - F - G# - A
  3. Tangga nada minor melodis, nada ke 6 dan ke 7 diberi tanda # ( kres) saat naik, kemudian dihilangkan kembali saat turun. Contoh: A - B - C - D - E - F# - G# - A- G - F - E - D - C - B - A. Contoh lagu yang memiliki tangga nada minor antara lain "Syukur", "Mengheningkan Cipta", "Gugur Bunga" dan " Pahlawan Tanda Jasa (Hymne Guru)".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar