Selasa, 22 September 2020

Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan kelas 5 2.2.3

 SUBTEMA 1

Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Pembelajaran 3


Muatan Bahasa Indonesia

Mencari informasi penting dari teks

      Informasi adalah sekumpulan fakta yang menggambarkan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu. Informasi dapat membuat seseorang mengetahui atau memahami sesuatu hal. Salah satu cara memperoleh informasi adalah membaca teks dengan cermat dan seksama. Membaca dengan seksama akan semakin melatih keterampilanmu dalam membaca dan menemukan informas secara tepat. Informasi yang telah kalian temukan dapat kalian sajikan dalam bentuk peta pikiran

Muatan PPKn

Perbedaan antara hak, kewajiban, dan Tanggung Jawab

        Ingat kembali bahwa hak, kewajiban, dan tanggung jawab merupakan segala sesuatu yang didapat serta harus dilaksanakan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari hari. Setiap orang atau manusia memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang berbeda beda. Contohnya diantaranya :

  • Hak, mendapat rasa aman , memperoleh kebersihan lingkungan, memperoleh udara dan air yang bersih, serta mendapatkan nilai yang bagus
  • Kewajiban, menjaga kebesihan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, dan belajar dengan sungguh - sungguh
  • Tanggung jawab, melakukan kerjabakti membersihkan lingkungan, melaksanakan ronda, dan melaksanakan piket kelas 

Muatan IPS

Jenis Jenis usaha yang dikelola secara perorangan dan kelompok

       dalam melaksanakan usaha, seseorang dapat bekerja secar individu ataupun bekerja sama dengan orang lain. bahkan, usaha seseorang tersebut juga dapat ditanggung oleh negara. Ada benerapa macam bentuk usaha yang dapat dilaksanakan oleh seseorang. Berikut ii adalh jenis jenis usaha yang dikelola secara perorangan dan kelompok.

1.      Usaha Perorangan

Seorang pengusaha perorangan hanya bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Keuntungan dan kerugianya ditanggung oleh orang tersebut secara langsung. Contoh usaha perorangan adalah took, bengkel,, atau waurung.

2.      Firma

Perusahaan yang didirikan oleh paling sedikit dua orang. Setiap anggotanya memiliki hak melakukan tindakan. Resiko kerugian pun ditanggung bersama.

3.      Persekutuan Komanditer (CV)

Usaha yang memiliki dua macam anggota, yaitu anggota aktif dan anggotanya pasif. Anggota aktif berperan dalam menjalankan roda usaha, sedangkan anggota pasif bertanggung jawab dalam pemberian modal usaha. Contohnya  adalah CV Rian Motor atau CV Jati Luhur.

4.      Perseroan Terbatas

Perusahaan yang modalnya dihimpun dari beberapa orang dengan cara menjual saham, yaitu surat tanda keikutsertaan penanaman modal. Pemilik saham memiliki kewenangan terhadap perusahaan tersebut dan berhak mendapatkan laba perusahaan. Contohnya PT Pembangunan Jaya

5.      Badan Usaha Milik Negara

BUMN bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat Indonesia. Modal usaha BUMN ditanggung oleh Negara.dalam pengelolaanya, BUMN terbagi menjadi dua badan usaha, yaitu : Perum, contohnya Perum Peruri (percetakan uang Negara) dan dan PT contonhya PT KAI ( Kereta Api Indonesia)

6.      Koperasi

Koperasi merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Di dalam koperasi semua anggota wajib membayar simpanan pokok, yaitu simpanan yang hanya dibayar satu kali, dan simpanan wajib, yaitu simpanan yang dilakukan tiap bulan. Contohnya koperasi adalah Koperasi Unit Desa ( KUD)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar