Minggu, 06 September 2020

MATERI TEMA 1 KELAS V 1.3.3

 


ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA

SUBTEMA 3 LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA

Pembelajaran 3

Muatan IPS

        Indonesia merupakan negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki perairan yang luas. Luas perairan di Indonesia berpengaruh pada mata pencaharian masyarakatnya. 

Jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sum berdaya laut.

  1. Nelayan
  2. Petani garam
  3. Petani kelapa
  4. Pembudidaya mutiara
  5. Pedagang
  6. Pemandu wisata

     Tidak hanya mempengaruhi kondisi ekonomi, negara maritm juga mempengaruhi kondisi sosial, seperti pertukaran budaya. Pertukaran budaya terjadi saat melakukan transaksi jual beli. Percampuran adat budaya dari daerag asal dan pendatang terjadi karena banyak pedagang yang akhirnya menetap disuatu daerah tersebut. Ada dampak positif dan negatif akibat pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi sosial masyarakat. 

Dampak Positif

Dampak Negatif

1.       Memiliki keberagaman potensi alam dan hasilnya, memiliki keberagaman dan kekayaan budaya, memilik keberagaman sumberdaya mnusia

2.       Bidang transportasi berpotensi meningkatkan insfrastruktur diberbagai daerah karena banyaknya wisatawan yang berkunjun

3.       Bidang ekonomi menjadi jalur perdagangan internasinal, juga berpotensi menambah devisa Negara melalui pengembangan destinasi wisata

1.       Tidak meratanya potensi alam dan sumberdaya manusia, tidak meratanya pembangunan dan pemerataan hasil – hasilnya, rentan terhadap terjadinya konflik kedaerahan.

2.       Sering terjadi bencana alam, Indonesia pada jalur pertahanan lempeng kerak dunia, pergerakanya dar lempeng tersebut dapat berakibat pada terjadinya bencana gempa bumi. Selain itu munculnya banyak gunung berapi juga bisa mejadi potensi bencana alam.

Muatan Bahasa Indonesia     

           Ide pokok dapat ditemukan di awal, tengah, akhir atau awal hingga akhir. latihlah kemabli kemampuan kalian dalam menemukan ide pokok dari teks bacaan " Kejayaan Bahari masa lalu".

Muatan PPKn

    Setiap sila yang terdapat pda pancasila memiliki nilai luhur yang berbeda - beda. Berikut nilai - nilai dari setiap nilai Pancasila.

Sila ke -

Bunyi Sila

1

Ketuhanan Yang Maha Esa

2

Kemanusiaan Yang Adi dan Beradab

3

Persatuan Indonesia

4

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaaan  dalam Permusyawaratan Perwakilan

5

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  1. Sila pertama, menunjukkan bahwa setiap warga berhak memeluk agama sesuai dengan keyakinan, setiap warga juga berha untuk menjalanka ibadah sesuai dengan ama yang dianutnya. Setiap warga berhak mendapatkan rasa aman dalam menjalankan ibadah
  2. Sila kedua, menunjukkan bahwa setiap warga memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara adil. Selaintu setiap warga juga harus memiliki sikap tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan sosial.
  3. Sila ketiga, menunjukkan setipa warga diharuskan mencintai tanah air dan menjaga rasa persatuan dan kesatuan dalam keragaman suku, agama, dan budaya.
  4. Sila keempat, menunjukkan setiap warga harus mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, mengutamakan hasil musyawarah setiap mengambil keputusan, dan musyawarahpun dilakukan secara mufakat
  5. Sila kelima, menunjukkan setiap warga harus memilki sikap gotong royong dan peduli antar sesama.   


Semoga tambahan materi diatas dapat menambah pengetahuan kalian.

Tetap semangat membaca, karena dengan membaca kita bisa melihat betapa luasnya dunia.

"Semangat Membaca"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar