Sabtu, 01 Agustus 2020

Tema I Organ Gerak Hewan dan Manusia 5.1.5

SUBTEMA I Organ Gerak Hewan
PEMBELAJARAN  5

Muata IPA
         Pada pembelajaran sebelumnya kaian telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata ( hewan tidak memiliki tulng belakang). Sekarang kita akan lanjutkan pada hewan avertebrata yaitu siput, serangga, cacing, ubur - ubur, cumi - cumi dan masih banyak lagi.  
Adapun ciri - ciri dari hewan avertebrata antara lain:
  • Biasanya susunan syarafnya berada di perut
  • Memiliki rangka luar
  • Otaknya tidak terlindung oleh rangka
         
           Nah, disekitar kalian pasti banyak hewan avertebrata. Kalian bisa mengamatinya sesuai dengan ciri - ciri tersebut. Selanjutnya kita bisa melakukan perbandingan karakteristik antara kelinci dan siput, yaitu : 
Karakteristik kelinci:
Vertebrata
gerakanya lincah dan cepat
Berpindah temat dengan berlari, berjalan, dan melompat.

Karakteristik siput :
Avertebrata 
Gerakanya lambat
Berpindah tempat seolah olah merayap

Muatan Bahasa Indonesia

Siput Bukanlah Hewan Lemah
           Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan karena gerakanya yang lamban, tidak jarang orang membanding - bandingkannya dengan kelinci. Siput juga danggap menjijikkan karena tubunya yang penuh lendir.
          Sebenarnya siput mempunyai kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan - hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut? 
         Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun - daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun daunan dan menjadikanya bagian - bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. jika benda - benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur. 

Setelah selesai membaca teks bacaan diatas, maka kita bisa menentikan ide poko dari setiap paragrafnya. 
Paragraf 1 : siput dianggap hewan yang lamban dan menjijikkan 
Paragraf 2 : siput memiliki kelebihan dan keistimewaan.
Paragraf 3 : siput berjasa dalam penguraian serpihan daun - daunan.

Muatan SBdP

        Pada pembelajaran sebelumnya kalian telah mempelajari ragam gambar cerita atau ilustasi. Dalam membuat gambar cerita atau ilustrasi, yaitu sebagai berikut:
  • Realis, merupakan gambar yang dibuat seperti keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya.Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh berikut ini.
  • Karikatur, merupakan gambar yang melebih - lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Gambar karikatur menyajikan objek dengan karakter yang lucu dan aneh Biasanya gambar karikatur mengandung kritik dan sindiran.
  • Kartun, merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.
  • Dekoratif, yaitu gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek aslinya namun menghilangkan ciri - ciri khasnya.

Nah, sekarang coba kalian pahami materi di atas ya.....
yaitu dengan cara membacanya kembali dengan cara berulang - ulang. 

"Semangat Membaca"







Tidak ada komentar:

Posting Komentar