Senin, 10 Agustus 2020

MATERI TEMA kelas 51.2.1

 TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA

SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1


Muatan IPA 

Beberapa aktifitas manusia dan dalam kehidupan sehari hari memanfaatkan anggota tubuh, seperti menulis, melempar bola, makan berjalan dan lain sebagainya.

        Anggota tubuh dapat bergerak karena adanya otot dan tulang. untuk menjaga agar otot dan tulang tetap kuat kita harus mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot. Makanan tersebut antara lain susu, daging, sayur - sayuran, dan telur.

Simaklah bacaan dibawah ini dengan intensif.

Bersepedah

        Bersepedah merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, sepeda juga merupakan salah satu alat transportasi darat yang murah, praktis dan mudah dikendarai. Banyak orang memnafaatkan alat transportasi tersebut untuk pergi kepasar, kesekolah, kekantor dan lain sebagainya. Jika kita bersepeda secara rutin itu dapat mengencangkan otot tubuh dan kesehatan jantung kita akan terjaga. Bersepedah tidak hanya melibatkan kaki saja akan tetapi otot dan tulang kita akan berfungsi semuanya. Banyak orang beranggapan beresepeda hanya dapat mengencangkan otot betis dan paha saja namun itu salah, bersepeda merupakan latihan fisik yang hampir melibatkan  setiap bagian tubuh. Dan mengencangkan otot - otot bagian belakang, pinggul, dan lengan. Bersepeda merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, bersepeda dapat menurunkan berat badan. Timbunan lemak dalam tubuh lambat laun akan hilang dan tubuh menjadi ideal. 

       Karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah yang  kita konsumsi berubah menjadi kalori dan tidak mampu kita ubah menjadi energi. Penyakit diabetes juga bisa menjadi penyebab penyakit jantung, stroke, kulit, mata, ginjal, dan lain sebagainya.

    Manfaat bersepeda lainya adalah mengurangi stres. Pada waktu pagi dan sore hari sambil bersepeda melihat indanya pemandangan dan suasana sekitar cukup efektif untuk menghilagkan stres.

Muatan Bahasa Indonesia  

     Pada Materi sebelumya, kalian sudah mempelajari tentang ide pokok dan cara menemukannya didalam teks. Kita mengingat kembali bahwa ide pokok merupakan inti permasalahan dari sebuah teks. sebuah teks biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki ide pokok yang berbeda. Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi ide pokok, kamu dapat menggunkakan tabel. Sepert pada teks bacaan ' bersepeda" diatas. Dari ide pokok yang sudah kalian tulis, kalian bisa menceritakan kembali ide - ide pokok teks tersebut menggunakan bahasamu sendiri.    

Contoh bentuk tabelnya: 


Nah.... sekarang coba kalian pahami materi di atas ya.... bisa dengan cara cara membacanya kembali.

Dan bisa dicatat bila ada hal yang menurut kaian penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar