Jumat, 07 Agustus 2020

AQIDAH AKHLAK KELAS V PELAJARAN 2 "ASMA'UL HUSNA"

 ASMA'UL HUSNA

Al Fatah, Asy Syakur, dan Al Mugni

         Kemarin kita sudah mempelajari Asmaul Husna Al Wahab dan Ar razzaq. Nah sekarang kita lanjutkan untuk Asma'ul Husna yang selanjutnya ya...

Al Fattah

Al Fattah artinya adalah Pembuka. Disini maksunya adlah Allah adalah pembuka pintu Rahmat yang dicurahkan pada setiap  makhlukNya. Rahmat akan senantiasa diberikan Allah pada setiap hambanya yang mau berdoa baik it saat tertimpa musibah atau dalam keadaan gembira. Hati manusia yang tertutup akan akan dibuka olehNya melalui pintu hidayah sehingga terisi kenenaran. 

Cara meneladani sifat Al Fattah

  1. Memohon kepada Allah agar selalu dibukakan pintu kenaikan
  2. Rajin belajar agar Allah membukakan jalan menjadi anak yang pintar
  3. Mengharap kepada Allah agar dibukakan pintu Rahmat
  4. Mencari jalan keluar bagi orang yang mempunyai kesulitan. 

Asy Syakur

               Asy Syakur artinya yang Maha Menerima Syukur. Sebagai muslim kita wajib beriman kepada Allah dan meyakini bahwa Allah memiliki sifat Asy Syakur. sebagai bukti bahwa Allah bersifat Asy Syakur adalah Allah selalu memberi balasan kepada orang - orang yang berbuat baik. bahkan allah juga melipat gandakan pahalanya. Orang yang selalu bersukur atas nikmat yang diberikan Allah akan ditambahkan nikmatnya oleh Allah. jika kita ditolong atau diberi sesuatu oleh oorang lain maka ucapkanlah terima kasih. atau lebih baiknya diber doa yaitu dengan mengucap jazakumullahu khairan kasiran, yang artinya semoga Allah membalas kebaikanmu. nah kita sebagai umat muslim hendaknya menjadi orang yang yahu balas budi. Seperti halnya juga yang sudah dijelaskan dalam surah Ibrahim ayat 7.

Al Mugni

             Al Mugni artinya Maha Pemberi Kekayaan. Allah telah melimpahkan KarunianNya kepada para hambaNya dan memenuhi kebutuhan sehari hari.

            Setiap manusia mempunyai kemampuan dan pegetahuan yang berbeda beda, namun bukan berarti ia tidak dapat mencapai apa yang dia inginkan. Asalkan mau berusaha dan berdoa maka kita akan mendapatkan kemauan kita itu. jangan lupa senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan banyak berinadah dan berdzikir.  

Nah.... kalian pahami dan cermati bacaan diatas!

Tugas kalian adalah meneladani Asma'ul Husna yang kita bahas kali ini, dalam kehidupan sehari - hari kalian .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar