Senin, 03 Agustus 2020

MATERI MATEMATIKA 5.1.3

OPERASI HITUNG PECAHAN

Mengubah pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa

       Kemarin kita sudah membahas tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan bisa. Nah, Pada kesempatan  kali ini kita akan membahas tentang mengubah pecahan campuran kedalam bentuk pecahan biasa.
       Jika kita mau berusaha untuk selalu berlatih dan mencoba mengubah pecahan campuran itu sangat mudah sekai, begitu sebaliknya mengubah pecahan biasa menjadi campuran juga sangat mudah jika kita selalu belajar berlatih untuk menyelesaikanya.
        Harus diketahui, cara mengubah pecahan ini sangat penting. Supaya kita lebih mudah menghitung operasi hitung pecahan campuran. Kita harus mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. 
       Adapun cara mudah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terdapat 2 langkah yaitu sebagai berikut:

Cara :
  • Kalikan penyebut dengan bilangan bulat pada bilangan pecahan campuran. 
  • Lalu hasil kali penyebut dengan bilangan bulat ini, kita jumlahkan dengan pembilang pecahan campuran. Sehingga hasil penjumlahan tersebut menjadi pembilang pada pecahan biasa dan dengan penyebutnya sama dengan penyebut pecahan campuran.

Dari yang sudah kalian pelajari diatas coba sekarang kalian berlatih untuk mengubah pecahan campuran kedalam bentuk pecahan biasa !


" Selamat Berlatih "




Tidak ada komentar:

Posting Komentar