Senin, 26 Oktober 2020

Tema 3 Makanan Sehat kelas 5

 Subtema 1

Bagaimana Tubuh Mengolah makanan

Pembelajaran 5



Proses pencernaan pada manusia

       Masih ingatkah kalian mengenai sistem pencernaan pada manusia ? Organ pencernaan pada manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Semua organ tersebut memiliki fungsi yang penting bagi tubuh kita. Apa bila salah satu organ pencernaan tersebut mengalami kelainan atau penyakit, sistem pencernaan tubuh kita akan terganggu. Perhatikan urutan proses pencernaan makanan di dalam organ organ pencernaan manusia berikut.


Muatan Bahasa Indonesia

      Untuk dapat mengidentigikasi sebuah iklan kita perlu memperhatikan unsur unsur dari iklan tersebut. Masih ingatkah kalian tentang unsur unsur dalam sebuah iklan ? 

Sebuah iklan terdiri atas judul, subjudul, isi komposisi warna dan gambar yang menarik, serta nama dan alamat yang dapat dihubungi. Selain unsur tersebut kalimat dalam teks iklan juga harus kita perhatikan. 

Gambar iklan dibawah ini menunjukkan sebuah barang yang hendak ditawarkan kepada calon pembeli. Kalimat didalam iklan tersebut singkat, tetapi mempunyai ciri atau slogan yang mudah diingat pembaca. Barang yang ditawarkan pada iklan dibawah ditawarkan dengan kalimat yang sangat menarik . jadi iklan dibawahh sudah memenuhi syarat sebagai iklan yang efektif.



Muatan SPdP

Menyanyikan lagu diiringi alat musik ritmis

     Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada. Alat musik ritmis berfungsi sebagai pembentuk ritme. Biasanya alat musik ritmis dimainkan dengan cara dipukul atu digoyangkan. Contoh alat musik ritmis antara lain marakas, gendang, dan triangle. Kita bisa berkreasi membuat alat musik ritmis. Sebagai pengganti marakas kita bisa masukkan beras atau kerikil atau biji bijian kedalam botol. Sebagi pengganti gendang kita bisa gunakan galon bekas. Dan untuk triangle kita bisa gunakan botol kaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar